Tentang Sejarah Tim Nasional Sepak Bola Indonesia

Tim nasional sepak bola indonesia atau yang dikenal dengan sebutan tim garuda merah putih, merupakan asosiasi persepakbolaan milik negara Indonesia yang dikelola langsung oleh PSSI. Yang mana PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) sekaligus menjadi bagian dari konfederasi sepakbola asia. Awal mulanya timnas Indonesia lebih dikenal dengan nama timnas Hindia Belanda. Bahkan pernah masuk ke babak putaran pertama di Piala Dunia Prancis di tahun 1938.

Timnas Indonesia mencatatankan sejumlah pertandingan penting selama memiliki skuad sepakbola. Kiprah timnas memang terbilang tak tanggung-tanggung. Dimana pada masa Hindia Belanda, skuad timnas sudah mampu menghadirkan sejumlah prestasi. Termasuk pengakuan resmi dari World Football Elo Ratings yang mencatatkan nama timnas di ajang persepakbolaan dunia.

Perkembangan Timnas Indonesia di Pentas Dunia

Sejak merdeka di tanggal 17 Agustus 1945, persepakbolaan di Indonesia semakin meningkat dan mendapatkan perhatian. Timnas Indonesia bahkan ikut serta setelah lolos Olimpiade Melbourne  1956 pada babak kualifikasi dan masuk ke babak perempat final. Namun sayangnya prestasi timnas harus pupus setelah Uni Soviet sebagai salah satu negara terkuat di persepakbolaan dunia, mampu mengalahkan Indonesia dengan skor 4-0. Dan prestasi inilah yang sejauh ini menjadi salah satu catatan terbaik timnas dipentas dunia.

Sejarah perkembangan skuad yang memiliki stadion kebanggaan Gelora Bung Karno ini tidak hanya berjalan mulus tanpa masalah. Bahkan di tahun 2015 lalu FIFA pernah melakukan suspensi ke PSSI dan tidak bisa ikut serta dalam ajang AFC (Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018). Dan suspensi tersebut bisa dicabut di Kongres FIFA ke-66 dan memberikan izin lagi ke timnas untuk berkiprah di berbagai ajang. Sejak saat itu timnas semakin memperbaiki manajemen klub dan skuad muda berprestasi dari adanya seleksi  disetiap usia produktif anak bangsa.

Saat ini giliran para garuda muda dalam mengisi padatnya kompetisi dan liga. Bersama skuad merah putih dan asuhan sejumlah pemain senior akankah mampu memberikan yang terbaik kepada Timnas Indonesia kedepannya. Kita tunggu saja prestasi dan kinerja pelatih berkualitas yang akan menghadirkan sejumlah kesempatan untuk bersaing dimasa mendatang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *