Keutamaan Membaca dan Menghafal Surat-Surat Pendek

Kitab suci Al-Qur’an menjadi pedoman bagi semua umat Islam untuk menjalani hidup di jalan yang lurus. Kalau ingin selamat dunia dan akhirat jadikanlah sebagai pemimpin dalam setiap langkah atau keputusan yang akan diambil. Selain itu kandungan Al-Qur’an sendiri begitu dahsyat. Sehingga mampu dijadikan obat terhadap kondisi tidak biasa yang dialami manusia.

Keutamaan Al-Qur’an memang tidak diragukan lagi. Bahkan setiap kali kita membacanya pahala berlipat didapatkan. Setiap surat yang ada dalam kitab suci tersebut berisikan beberapa huruf hijaiyah. Satu huruf yang ikhlas karena dibaca karena mengharap ridho Allah. Maka ada 10 pahala yang siap menanti. Padahal huruf hijaiyah dalam Al-Qur’an itu banyak. Jadi dapat Anda pikirkan berapa kali pahala yang dikumpulkan.

Itu saja Anda membaca rutin saja. Bagaimana kalau mampu menghafalnya? Setiap surat dalam kitab mempunyai banyak sekali fungsi dan manfaat. Jikalau Anda membaca sambil meresapi maknanya. Serta tidak lupa untuk dihafal, maka kebahagiaan sejati selalu mendampingi Anda. Segala kemuliaan menjadi teman Anda dalam hidup di dunia sampai akhirat nanti. Dengan begitu Anda harus maksimalkan setiap surat dalam Al-Qur’an

Surat-Surat Pendek Dalam Al-Qur’an Mudah Untuk Dihafalkan

Surat-Surat Pendek Dalam Al-Qur'an
ilustrasi Surat-Surat Pendek Dalam Al-Qur’an (photo; pixabay.com)

Manfaat membaca dan menghafal surat dalam kitab suci umat muslim ini banyak sekali. Tatkala kita ditimpa musibah, penyakit dan kesedihan lainnya. Dengan kembali kepada kitab Al-Qur’an semua mampu diatasi. Segala perih serta kegundahan yang dirasakan hilang secara pasti. Setiap individu mempunyai kemampuan berbeda untuk menghafal surat dalam kitab suci. Namun ada beberapa bagian surat yang masuk dalam kategori Juz Amma mudah untuk dihafal. Karena isinya berupa deretan surat pendek.

Surat-surat tersebut selalu menemani seseorang dalam ibadah sholat wajib dan sunnah. Serta sebagai penyembuh terhadap suatu kondisi. Surat tersebut diturunkan di Makkiyah. Setiap umat muslim mampu menghafal beberapa ataupun seluruh jenis surat pendek. Lalu apa sajakah surat yang termasuk kelompok ini? Sebenarnya ada banyak, tetapi dalam artikel ini dibahas beberapa saja.

Jenis Surat-Surat Pendek Yang Sering Dihafal Oleh Umat Islam

Jenis Surat-Surat Pendek
ilustrasi Jenis Surat-Surat Pendek (photo: pixabay.com)

Semua surat itu penuh dengan kebaikan dan manfaat. Namun ada beberapa yang masuk dalam kategori surat pendek selalu hadir di kehidupan umat. Umumnya rutin dibaca saat melakukan ibadah. Bahkan karena kekhusyukan yang diciptakan. Seringkali membuat pembacanya menitikkan air mata. Karena maknanya memang luar biasa saat diresapi dengan benar. Inilah beberapa macam surat surat pendek yang sering digunakan.

Surat Al-Fatihah

Surat pendek untuk no 1 ini merupakan pembuka atau induk dari surat lainnya. Letak dari surat tersebut kalau dilihat dalam Al-Qur’an. Posisinya berada tepat paling depan. Sehingga inti dari kitab suci agama islam berada pada surat tersebut. Karena keutamaan tersebut, setiap kali melakukan ibadah sholat. Jumlah ayat di dalamnya sebanyak 7. Surat ini tidak pernah luput digunakan. Setiap rakaat sholat selalu dibacakan Al-Fatihah pada bagian awal. Setelah itu diikuti surat pendek pendek lainnya.

Makna mendalam dari surat pertama ini begitu indah. Keesaan dan keperkasaan Tuhan dijelaskan. Manusia harus selalu menyembah dan meminta pertolongan pada Tuhan.  Pujian diperuntukkan untuk Tuhan. Kalau kita ikhlas beribadah serta mengabdi pada NYA. Kemurahan, kasih sayang Tuhan beserta kita. Serta dijelaskan pula bahwa Tuhan lah yang mampu memberikan petunjuk pada jalan terang dan lurus. Petunjuk itu diperoleh dari Al-Qur’an.

Surat Al-Quraisy

Surat pendek no 2 digolongkan surat Makkiyah. Dengan kata lain surat ini diturunkan di Mekah. Kalau dilihat di dalam Al-Qur’an nomor dari surat kedua ini berada di angka 106. Makna surat menceritakan tentang kehidupan orang yang termasuk dalam golongan Quraisyi. Mereka diceritakan mempunyai beberapa kewajiban penting yang harus dilaksanakan. Contohnya saja kewajiban untuk selalu beribadah pada Tuhan serta menjaga Ka’bah. Kebiasaan mereka berupa bepergian di musim dingin dan panas juga dijelaskan.

Surat Al-Maun

Surat pendek no 3 sering dipakai untuk melakukan ibadah sholat sunnah yang bernana Tahajud. Sholat ini dilakukan di sepertiga malam atau dini hari. Ayat dalam surat ini jumlahnya sangat sedikit hanya 7 saja. Meskipun sedikit tetapi maknanya mendalam. Inti dari surat ini menjelaskan tentang hal-hal yang berguna. Maksudnya lebih menjelaskan pada akibat buruk akan dialami oleh orang yang gemar melakukan penodaan agama. Sebagai contoh menindas anak yatim, berharap dipuji saat beribadah, tidak menolong orang yang butuh bantuan, serta menghardik secara kasar orang yang meminta-minta.

Surat Al-Kautsar

Bacaan surat pendek no 4 ini mudah sekali dihafal. Karena jumlah ayatnya paling sedikit daripada lainnya. Bahkan bagi individu yang baru mempelajari Al-Qur’an tidaklah sulit untuk meresapi serta menghafalnya. Surat ini pendek tetapi mengandung makna besar. Sebuah perintah untuk selalu melakukan sholat dan melaksanakan kurban. Keistimewaan lainnya surat keempat ini turun di Mekkah sebelum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Itulah keempat jenis surat pendek yang mudah dipahami, dihafalkan, ada dalam setiap bacaan sholat. Jumlah ayat sedikit namun penuh dengan makna mendalam. Menjadikan beberapa surat tersebut mampu menyentuh hati dan pikiran untuk selalu berada di jalan lurus. Saat dibaca secara tenang dan penuh kesungguhan. Rasa damai menyelimuti diri seseorang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *