Arti Sebenarnya Dari Pengertian Pulsa, Pulsa Elektrik, Dan Istilah Lainnya

Istilah pulsa bagi para pengguna telepon genggam atau siangkatnya hp pasti sudah tidak asing lagi. Karena, bagaimanapun, pulsa bisa diibaratkan seperti ‘bahan bakar’ bagi hp. Tanpa adanya pulsa, hp tidak bisa dimanfaatkan sebagaimana mesti fungsi sebenarnya yaitu sebagai alat komunikasi. Dengan adanya pulsa, hp dapat difungsikan untuk saling mengirim pesan atau SMS, telfon, maupun mengakses internet.

Kebanyakan para pengguna hp hanya mengetahui pulsa sebagai alat untuk mengaktifkan komunikasi, padahal jika dipelajari lebih lanjut ada banyak istilah yang berkaitan dengan pulsa, baik itu jenisnya seperti pulsa fisik, pulsa elektrik, dan berbagai istilah lainnya.

Tidak heran juga, karena dangkalnya pengetahuan, banyak orang yang salah kaprak mengartikan pengertian pulsa, namun karena sudah berlangsung selama bertahun – tahun, yaa istilah yang salah kaprah tersebut tetap melekat di masnyarakat.

Pengertian Pulsa, Pulsa Elektrik, Dan Istilah lainnya

pixabay.com

Selain pulsa murah yang menjadi pertimbangan kamu ketika melakukan pengisian ulang pulsa kamu, jenis pulsa juga bisa menjadi pertimbangan lain bagi kamu. Kamu pasti sering mendengar istilah pulsa elektrik dan pulsa voucher, atau berbagai istilah pulsa lainnya yang masih relate dengan kata pulsa utama. Berikut akan di jelaskan apa itu pulsa dan istilah lain yang biasa menyertainya.

1. Pengertian pulsa dari berbagai sudut pandang

Pulsa adalah alat satuan biaya telepon. Sebelum masuk era telepon genggam atau hp, istilah pulsa tidak terlalu populer digunakan diantara kita, karena memang PSTN atau fixed line yang lebih mengarah ke istilah perhitungan tagihan (pascabayar). Jadi, kita menggunakan telepon dulu baru bayar, alhasil tidak ada istilahnya habis pulsa. Jadi apa arti pulsa yang sebenarnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pulsa (pul . sa) memiliki beberapa arti, yang pertama yaitu denyut nadi yang terjadi karena detak jantung; yang kedua yaitu tegangan atau arus yang berlangsung beberapa lama berbentuk segi empat atau gelombang sinus; yang ketiga yaitu satuan dari perhitungan biaya telepon; dan yang terakhir yaitu mus rangkaian denyutan berulang secara teratur yang terasa dari musik, jika pulsa itu terdengar seperti ketukan.

Mengacu dari KBBI terdapat 4 makna pulsa yang berbeda, tergantung dimana kita akan menggunakan kata tersebut atau dalam konteks apa yang sedang dibicarakan. Dari keempat pengertian tersebut, tentu saja pengertian ketiga yang masih relate atau berhubungan dengan topik yang sedang kita bahas, yaitu pulsa sebagai satuan perhitungan biaya telepon.

Nah, setelah didapat pengertian dari literatur, maka bagaimana pengertian pulsa menurut pemahaman masyarakat? Masyarakat salah kaprak mengartikan istialah pulsa yang sebenarnya, tentu yang dimaksud masyarakat membeli pulsa adalah membeli voucher, dan voucher ini berbentuk atau ada fisiknya bukan biaya nya. Menurut istilah dalam Bahasa Inggrisnya yaitu prepaid credit, atau kredit prabayar yang digunakan untuk bisa menggunakan layanan suatu provider.

pixabay.com

2. Istilah Pulsa Elektrik dan Pulsa Voucher/Fisik

Pulsa elektrik adalah pulsa yang berbentuk elektrik atau pulsa yang tidak terlihat secara kasat mata wujudnya. Pulsa elektrik atau elektronik yaitu salah satu jenis isi ulang yang dikeluarkan oleh provider yang hanya bisa ditop up oleh chip khusus yang dikeluarkan oleh provider. Jenis ini tidak berbentuk atau tidak tampak karena saat ditop up atau digunakan akan langsung terisi ke hp sesuai dengan nominal atau jumlah yang diinginkan ke nomor yang dituju.

Dari segi ekonomi dan segi kemudahan, jelas pulsa elektrik jauh lebih unggul dibandingkan dengan jenis lainnya karena lebih mudah, murah, gampang atau praktis karena pulsa langsung masuk ke nomor telepon yang dituju tanpa butuh bantuan kita sebagai End User.

Lalu apa itu pulsa voucher/fisik? Pulsa fisik tentu saja lebih dulu ada sebelum pulsa elektrik. Jenis ini diperkenalkan pertama kali oleh para provider di Indonesia untuk para pelanggan prabayar agar bisa terus menggunakan layanan yang diberikan.

Cara penggunaanya kurang praktis, karena sebelumnya kamu perlu menggosok bagian timah pelindung nomor voucher atau bentuk fisiknya, lalu angka – angka yang muncul dari dalamnya dimasukkan pada dial number hp kamu sesuai dengan prosedur tiap provider.

Selain kurang praktis, penggunaan pulsa voucher/fisik ini yaitu adanya resiko kamu merusak bagian timah hitam yang dibaliknya terdapat angka, jika rusak maka angka tersebut tidak dapat terbaca dan otomatis kamu akan rugi karena sudah membeli voucher/fisik tersebut.

3. Istilah MKIOS dan ‘teman – temannya’

Bagi kamu pengguna pulsa kamu pasti sering melihat istilah MKIOS, DOMPUL, DOMPET THREE, ISI ESIA, MTRONIK, e-AXIS, Fkios atau istilah lainnya ketika kamu habis membeli pulsa. Istilah itu adalah chip yang digunakan setiap provider untuk transfer pulsa.

Kamu akan selalu melihat istilah itu setelah kamu mengisi atau deposit pulsa elektrik melaui pesan atau sms. Setiap provider memiliki chip yang berbeda. Contohnya MKIOS yang artinya penjual pulsa mentransfer pulsa menggunakan kartu seluler Telkomsel.

Baiklah, sekarang kamu sudah mengetahui pengertian pulsa dalam artian yang sebenarnya. Saat ini, pegguna pulsa kebanyakan lebih memilih pulsa elektrik karena lebih simpel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *