Mengenal Singkat Ajang Kejuaran Dunia Motor GP

Ajang kejuaraan dunia Motor GP (Grand Prix) tentu sudah tidak asing bagi Anda yang gemar dengan dunia balap motor. Merupakan kejuaraan balap motor tingkat dunia, motor-motor yang digunakan di sini bukanlah motor yang biasa. Dibagi dalam 3 kelas mesin berbeda, yakni Moto3, Moto2 dan MotoGp. Kejuaraan MotoGP menggunakan motor yang dibuat khusus untuk balapan dan tidak dijual untuk umum.

Diselenggarakan untuk pertama kali pada tahun 1949 oleh Federation International de Motocyclisme (FIM), ajang kejuaraan dunia balap motor ini hingga sekarang masih terus sukses diselenggarakan. Kesuksesan Balap MotoGP ini tidak lepas dari peran organisasi-organisasi yang ikut terlibat. Beberapa organisasi yang tergabung di dalamnya antara lain adalah FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kejuaraan Grand Prix Sepeda Motor terbagi menjadi tiga kelas berbeda. Kelas MotoGP sebagai kelas utama diikuti dengan Moto2 sebagai kelas menengah dan Moto3 untuk kelas selanjutnya. Pembagian kelas ini sendiri dibedakan berdasarkan kapasitas mesin motor yang digunakan.

Dalam keseharian masyarakat, GP Motor seringkali disebut dengan istilah MotoGP. Ini sudah biasa masyarakat meski sebetulnya kurang tepat. Untuk itu, jangan heran jika baik GP Motor atau MotoGP dianggap memiliki arti yang sama.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *