Cara Membuat Donat Dengan Cepat Dan Mudah

Donat merupakan salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang manis, donat juga bisa membuat kenyang dan mudah di bawa saat sedang bepergian sebagai teman camilan. Apalagi saat ini banyak sekali kreasi donat yang dijual di pasaran dengan beragam dekorasi menarik serta taburan topping dan warna yang menarik juga. Anda juga bisa membuat kreasi donat sendiri dengan beragam dekorasi yang anda inginkan. Untuk membuat donat juga terbilang mudah dan tidak susah. Jadi anda tidak perlu lagi membeli di toko saat ingin memakan donat. Berikut cara membuat donat dengan ceat dan mudah.

Hal pertama yang perlu dipersiapak adalah bahan-bahan untuk membuat donat. Bahan-bahan tersebut antara lain tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instan, baking powder, kuning telur, mentega dan susu cair. Sedangkan bahan yang digunakan untuk olesan donat bisa menggunakan mentega, gula halus, coklat, atau bisa disesuaikan dengan selera anda. Langkah-langkah untuk membuat donat adalah sebagai berikut.

  • Campurkan tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder,dan garam sesuai takaran yang pas untuk berapa pembuatan donat.
  • Campurkan semua bahan tersebut dan aduk menggunakan tangan hingga membentuk adonan donat dan tambahkan juga kuning telur yang kemudian aduk kembali dengan tangan.
  • Secara perlahan tambahkan susu cair sambil adonan tetap di aduk dengan tangan.
  • Tambahkan mentega juga dan tetap aduk adonan donat dengan tangan hingga adonan menjadi licin dan kalis. Sesekali cobalah memukul atau membanting adonan agar cepat kalis dan licin. Setelahnya diamkan selama 1 jam dengan dimasukan kedalam baskom dan ditutupi kain bersih.
  • Setelah 1 jam, pukul-pukul adonan agar udara yang ada didalam adona keluar dan adonan menjadi kempes.
  • Setelahnya siapkan cetakan donat dan cetaklah adonan tersebut menggunakan cetakan donat. Dengan menggunakan cetakan donat, anda tidak perlu repot lagi membentuk donat agar bulat dan berlubang ditenghnya.
  • Setelahnya gorenglah donat kedalam minyak panas. Setelah berwarna coklat, angkat donat dan tiriskan.
  • Setelah donat yang ditiriskan tidak terlalu panas, hiaslah bagian donat menggunakan dekorasi topping yang anda inginkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *