Cara Kirim Barang Lewat JNE

Saat ini jasa Dispatch Services di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Banyak sekali layanan ekspedisi yang menawarkan harga menarik, salah satunya adalah JNE. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, artikel ini akan membahas mengenai cara kirim barang lewat JNE.

Cara mudah mengirim barang menggunakan JNE

Pada dasarnya cara kirim barang lewat JNE sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan barangnya dan menuliskan alamat tujuan di kemasan. Pastikan kamu memeriksa juga ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kendala saat pengiriman barang.

Siapkan barang yang ingin dikirim

Salah satu hal pertama yang harus kamu siapkan adalah barang yang dikirim. Tanpa adanya barang, tentu kamu tidak akan bisa mengirim apa pun. Untuk kriteria barang yang dimaksud sendiri bisa berbeda-beda.

Barang yang cukup ringan, namun sangat membutuhkan perhatian khusus adalah dokumen. Mengirim dokumen memang tidak memberatkan, namun membutuhkan perhatian khusus agar tidak rusak. Untuk itu, biasanya agar tarif tersendiri untuk dokumen.

Barang pecah belah sebaiknya menggunakan kemasan packing kayu. Kamu bisa meminta pihak JNE untuk menggunakan packing kayu agar lebih aman. Biasanya akan ada biaya tambahan untuk mengirimkan barang yang cukup rawan rusak.

Kamu juga harus membungkus barang tersebut dengan rapi. Meski pihak ekspedisi biasanya menawarkan asuransi, namun sebaiknya keamanan barang dibuat seaman mungkin. Kamu bisa juga menambahkan bubble wrap agar barang yang dikemas menjadi lebih aman.

Cantumkan alamat pengirim dan penerima

Pada bagian kemasan luar, tuliskan alamat pengirim dan penerima barang tersebut. Tulislah secara lengkap dan jelas agar proses pengiriman barang bisa berjalan dengan lancar. Kamu bisa menggunakan tambahan kertas putih dan spidol agar alamat bisa terbaca dengan jelas.

Beberapa hal yang harus kamu tuliskan antara lain:

  • Nama pengirim.
  • Nama penerima.
  • Nomor telepon pengirim.
  • Nomor telepon penerima.
  • Alamat pengirim.
  • Alamat penerima.

Sebaiknya jangan menulis isi barang secara terang-terangan. Hal tersebut sangat rentan menimbulkan bahaya terhadap keamanan barangmu. Meski pihak JNE bisa memberikan asuransi, namun sebaiknya hal seperti ini bisa kamu jaga privasinya dengan baik dan benar.

Periksa ongkos kirim dan paket yang tersedia

JNE merupakan salah satu layanan ekspedisi yang memiliki website resmi. Hal tersebut tentunya memudahkan para pelanggannya untuk mendapatkan informasi secara detail. Salah satu informasi yang bisa kamu dapatkan adalah ongkos kirim dari pengiriman suatu barang.

Untuk bisa mengetahui berapa ongkos kirim barangmu, kamu harus mengisi sebuah isian di website JNE. Besarnya ongkos kirim akan ditentukan dari seberapa jauh alamat yang dituju dan seberapa besar ukuran dari barang yang akan kamu kirim tersebut.

Datangi JNE counter terdekat

Setelah merasa cocok dengan harga barang yang dimaksud, selanjutnya kamu bisa mendatangi JNE counter terdekat di kotamu. Saat ini cukup mudah untuk menemukan JNE counter di beberapa kota besar. Kamu bisa juga mencari alamat JNE counter terdekat melalui Google.

Datangilah JNE counter tadi dengan membawa paket yang terkemas rapi. Dari pihak JNE sendiri juga menawarkan pengemasan tambahan jika barangmu belum dikemas dengan benar. Selain itu, tersedia juga bubble wrap jika kamu membutuhkannya.

Di JNE counter ini nantinya kamu bisa menginformasikan paket pengiriman seperti apa yang hendak digunakan. Pada beberapa JNE counter juga menyediakan pengiriman kilat yang bisa membuat barangmu sampai dengan waktu yang jauh lebih cepat dibanding paket regular.

Setelah barang diterima, diukur, dan ditimbang maka kamu akan mendapatkan informasi harga yang harus dibayar. Silahkan bayar paket tersebut dan tunggulah barang tersebut diantar ke alamat yang dituju.

Periksa lokasi barangmu

Setelah membayar ongkos kirim dan barang diterima, kamu akan mendapatkan nomor resi. Istilah yang dipakai oleh pihak JNE adalah JNE Airwaybill Number. Nomor resi tersebut bisa kamu gunakan untuk memeriksa posisi barangmu.

Untuk memeriksa posisi barangmu, kamu hanya perlu mengakses website resmi dari JNE. Kamu hanya perlu mengisi JNE Airwaybill Number. Nantinya kamu bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai keberadaan barangmu.

Beberapa informasi status yang bisa kamu pahami adalah sebagai berikut:

  • On Process: Paket yang kamu kirimkan sedang dalam proses pengiriman oleh pihak JNE.
  • Received at Warehouse: Paket sudah sampai di gudang terdekat di daerah tempat tinggalmu.
  • Received at Origin Gateway: Paket yang kamu kirimkan sudah masuk ke gudang di kota yang dituju.
  • On Transit: Paket yang dikirimkan sedang transit di suatu kota.
  • Received on Destination: Paket yang kamu kirimkan sudah diterima di kota tujuan dan segera diantarkan ke alamat penerima.
  • Delivered: Paket yang kamu kirimkan sudah diterima di tempat tujuan.

Beberapa status tersebut tidak semuanya bisa kamu alami. Namun, beberapa informasi tersebut akan kamu lihat setelah kamu mengisi JNE Airwaybill Number. Untuk itu, periksa status pengirimanmu secara berkala agar kamu lebih merasa tenang.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara kirim bawang lewat JNE. Dengan adanya artikel ini, diharapkan bisa membantu kamu yang hendak mengirimkan barang menggunakan JNE. Selamat mencoba!

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *