Budidaya Rumput Hias Peking

Memiliki halaman rumah yang memiliki kesan asri dan alami menjadi impian dari kebanyakan orang. Tentunya hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan maksimal, salah satunya dengan melakukan penanaman rumput peking.

Keunggulan Rumput Peking

Rumput hias peking ini memiliki wujud yang hampir mirip dengan rumput jepang loh. Rumput hias ini pernah menjadi primadona oleh kebanyakan orang pada tahun 2000 an.  Nah, hal yang menjadi pembeda antara rumput jepang dan rumput peking ini ialah helai daun yang lebih jarang dan tekstur yang berbeda. Helai daun pada rumput hias peking ini tumbuh lebih jarang dibandingkan dengan rumput jepang, selain itu rumput peking memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dibandingkan rumput jepang. Jadi, Anda jangan terkecoh dari bentuk antara rumput peking dengan rumput jepang ya. Nah berikut ini keunggulan dari rumput hias peking yang perlu Anda ketahui:

  1. Mudah dalam perawatan

Perawatan rumput peking ini cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan kecukupan air, pemupukan, dan pembersiha gulma.

  1. Memiliki ketahanan yang baik

Rumput peking merupakan salah satu rumput yang memilki daya tahan yang baik. Rumput ini mampu bertahan di cuaca panas.

 

Cara Merawat Rumput Peking

Proses perawatan dan pemeliharaan rumput peking ini tergolong mudah. Anda cukup memperhatikan kondisi kelembapan tanah. Selain itu, Anda perlu memperhatikan beberapa cara perawatan rumput peking berikut ini:

  • Kebutuhan air terpenuhi

Sama halnya dengan manusia, rumput peking pun memerlukan asupan air yang cukup. Dengan adanya air, proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan baik. Untuk pemberian air yang benar bagi rumput hias peking ini, sebaiknya Anda memberikan air yang tidak terlalu banyak ataupu tidak terlal sedikit. Anda perlu melakukan penyiraman saat musim kemarau dan hindari genangan air di musim hujan.

  • Pemberian pupuk

Anda dapat memberikan pupuk organik maupun pupuk buatan. Hal ini bertujuan untuk mencerahkan rona hijau dan pemberian nutrisi pada rumput peking.

  • Pembersihan tanaman pengganggu (gulma)

Agar pertumbuhan rumput peking Anda tidak terhambat, Anda perlu memperhatikan tanaman pengganggu yang dapat menyerap nutrisi dari rumput peking Anda. Cukup melakukan pencabutan gulma secara manual dan membakar gulma untuk menghindari gulma tersebut tumbuh kembali.

 

Nah, itulah tadi tips budidaya rumput peking yang Anda dapat terapkan. Anda dapat memiliki halaman rumah yang tampak asri. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *