Cara Pilih Biro Travel Haji Plus Resmi Depag/ Kemenag

Berhaji merupakan salah satu rukun islam kelima yang wajib dipenuhi bagi setiap muslim yang mampu, terutama mampu dari sisi fisik dan materi. Namun, untuk melaksanakan atau menunaikan ibadah haji bukanlah merupakan perkara yang mudah karena masa tunggu antrian ibadah haji terbilang cukup lama, bisa lebih dari belasan tahun jika berada di Kota Besar.

 

Praktis dengan adanya hal tersebut, sangat disarankan setiap muslim wajib mendaftar haji dari usia muda, atau sekitar usia 30 tahun. Sehingga jika Qadarullah masih Allah Tabaraka Wata’ala izinkan untuk berangkat untuk ibadah haji, maka kondisi fisik secara lahiriah seharusnya masih dalam kondisi yang prima ketimbang menunaikannya pada usia lansia.

 

Sepertinya hal tersebut terlihat menarik, namun pada kenyataannya ditemui beraneka ragam masalah. Misal salah satunya adalah apa solusi bagi setiap calon jemaah yang baru ada kesanggupan materi di usia 50 tahun atau lebih sehingga bisa tetap berhaji di kala kondisi mereka prima? Berikut pemaparannya.

 

Solusi Agar Bagaimana Bisa Berangkat Haji Lebih Cepat

Ada 3 mekanisme berangkat haji yang disediakan pemerintah Indonesia. Pertama melalui program haji reguler (seperti permasalahan yang kita bahas), kedua program haji plus atau dikenal dengan onh haji plus dan yang ketiga adalah haji furoda. Nah di tulisan ini akan kita bahas mengenai solusi bisa berangkat haji lebih cepat dengan menggunakan onh haji plus dan juga bagaimana cara pilih biro haji plus yang benar

 

Mengapa Program/ Paket Haji Plus

Haji Plus sendiri atau yang biasa dikenal ONH Plus adalah haji yang kuotanya diberikan oleh Kerajaan Saudi kepada Pemerintah Indonesia dan Pemerintah sepenuhnya melalui Kemenag/ Depag menyerahkan kuota tersebut kepada pihak swasta yakni Perusaahan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PPIHK). Oleh karenanya wajib bagi setiap calon jemaah haji yang ingin daftar haji plus mendapatkan PPIHK/ Travel Haji Plus yang memang resmi ditunjuk pemerintah bukan travel bodong.

 

Indikator Travel Haji Plus Dikatakan Resmi Dari Depag/ Resmi Kemenag

  1. Travel Haji Khusus/ Haji Plus yang mengklaim dirinya resmi Depag mampu memberikan nomor izin resmi Depag RI
  2. Sebisa mungkin selain berizin resmi, mutu dan layanannya juga sudah diakui Komite Akreditasi Nasional (KAN)

 

Contoh Bagaimana Cara Cek Travel Haji Plus Berizin Resmi Kemenag atau Tidak

  1. Cari tahu nomor izin SK Kemenag travel haji plus anda, misal travel haji plus HaramainPlus 
  2. Diketahui nomor izinnya 651 Tahun 2018
  3. Diketahui juga HaramainPlus merupakan alat pemasaran/ website dari perwakilan Travel Haji Khusus Dan Umroh HaramainKu yang holdingnya bernama PT Kartika Utama
  4. Double cek di sistem Kemenag https://simpu.kemenag.go.id/home/pihk

 

Apa Sudah Tahu Kalau Program Haji ONH Plus Lebih Cepat Ketimbang Paket Haji Reguler?

Perlu diketahui bersama fasilitas dari paket haji plus cenderung lebih nyaman ketimbang paket haji reguler. Misalkan mendapatkan hotel bintang 5 di Makkah dan Madinah, Pesawat yang tanpa transit dan jemaah bisa bebas memilih travel haji plus yang mana yang akan digunakan, misal bila ingin mencari sesuai tuntunan sunnah bisa cari Biro Haji Plus Resmi Depag yang sesuai tuntunan sunnah dan lain sebagainya.

 

Selain dari fasilitas tersebut, masa antrian/ masa tunggu keberangkatan jemaah haji plus/ onh plus umumnya sekitar 5-7 tahun (di luar kondisi pandemi covid-19). Hal ini berbeda dengan antrian haji regular yang bisa mencapai belasan tahun.

Sumber Gambar: Kementerian Agama Republik Indonesia 

 

Ingat sekali lagi, Carilah Biro Haji Plus Resmi Depag alias Travel Haji ONH Plus Resmi Kemenag untuk minimalisir anda sebagai calon jemaah untuk tidak tertipu.