Beda Swab Antigen dan PCR

Untuk mendeteksi infeksi virus corona biasanya menggunakan swab antigen dan polymerase chain reaction atau yang lebih dikenal dengan PCR. Dan kedua tes tersebut tentu saja berbeda. Lalu apa saja sih perbedaannya?

Perbedaan Tes Antigen dan PCR

Ini dia perbedaan yang harus kamu tahu antara tes antigen dan PCR :

  • Waktu Pemeriksaan

Perbedaan yang pertama terletak pada lamanya waktu pemeriksan. Untuk tes antigen ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit saja. Sedangkan tes PCR waktu yang paling cepat biasanya 1 hari.

  • Tingkat Akurasi Hasil Pemeriksaan

Kemudian untuk tingkat akurasi pada tes PCR ini bisa mencapai 80-90 persen dan untuk swab antigen memiliki tingkat akurasi yang berada di bawah PCR.

  • Biaya Pemeriksaan

Perbedaan selanjutnya terletak pada biaya pemeriksaan. Pada tes antigen ini biayanya lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan PCR. Sedangkan untuk tes PCR ini termasuk mahal. Akan tetapi saat ini pemerintah sudah menerapkan untuk tes PCR dengan harga tertinggi memiliki batasan Rp 900.000.

  • Cara Kerja

Selanjutnya mengenai cara kerja pada tes PCR ini dilakukan dengan cara swab atau usap. Hal ini dilakukan agar bisa mengambil sampel lendir yang ada di pangkal hidung ataupun tenggoroknm. Tujuannya yaitu untuk mencari materi generik virusĀ  corona.

Nah jika tes antigen ini juga hampir sama dengan mengambil sampel yang ada di dalam hidung maupun tenggorokan. Namun hasilnya bisa diperoleh dengan cepat.

Jadi kira-kira tes apa yang cocok untuk Anda?