Pentingnya Menggelar Aqiqah Bersama Aqiqah Surabaya

Aqiqah selalu dijalankan oleh para orang tua setelah anak lahir. Acara ini diadakan pada hari ketujuh setelah kelahiran maupun hari berikutnya sesuai kemampuan orang tua. Walaupun telah sering dilakukan, apakah sebenarnya orang tua memahami makna menjalankan aqiqah? Karena kebanyakan hanya melakukan tanpa memahami maknanya untuk anak maupun dirinya sendiri. Di sinilah aqiqah Surabaya akan berbagai informasi terkait aqiqah dan semua yang anda butuhkan.

Aqiqah menurut bahasa aqiqah berarti memotong atau memisahkan. Secara umum aqiqah dikenal sebagai memotong rambut bayi yang tumbuh semenjak lahir. Kemudian disertai dengan acara penyembelihan hewan seperti kambing ataupun domba. Sudah memahaminya secara singkat? Ada baiknya mencari tahu informasinya lebih dalam dengan membaca penjelasan dibagian berikutnya.

Apa Saja Hewan yang Dapat Diqurbankan?

Pixabay.com

Pertanyaan yang banyak muncul saat akan melakukan aqiqah adalah hewan apa saja yang dapat diqurbankan. Untuk di Indonesia, terdapat dua jenis hewan yang dapat diaqiqah, dibawah ini,

  1. Domba

Jika tidak ingin menggunakan kambing, anda dapat memanfaatkan hewan lain untuk disembelih. Hewan yang dimaksud adalah domba. Domba pernah digunakan oleh Rasulullah SAW untuk mengaqiqahkan cucunya Hasan dan Husain. Namun harus disesuaikan dengan jumlahnya, di mana untuk anak laki-laki dua ekor dan anak perempuan satu ekor.

  1. Kambing

Kambing adalah hewan yang paling familiar digunakan untuk disembelih dalam acara aqiqah. Menurut sebagian kalangan, aqiqah dengan menggunakan kambing akan lebih afdhal. Karena kambing banyak disinggung dalam beberapa hadist. Hal inilah yang menguatkan, untuk menggunakan kambing dalam beraqiqah.

Semuanya dapat ditentukan dengan kemampuan orang tua si anak. Bila masih ragu untuk menggunakan hewan sembelihan mana, anda dapat mempertanyakannya pada orang yang lebih tua dan berpengalaman.

Bagaimana Syarat Hewan Aqiqah?

Pixabay.com

Setelah menentukan hewan yang dipilih dalam aqiqah, waktunya mengetahui apa saja syarat hewan aqiqah. Karena pemilihannya, tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Berikut ulasannya,

  1. Cukup Umur

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah hewan aqiqah ini telah cukup umur. Untuk seekor kambing dapat berumur satu tahun atau lebih. Sedangkan untuk domba usahakan telah berumur enam bulan atau lebih. Jika belum berusia tersebut, disarankan untuk tidak menggunakannya. Karenanya disarankan untuk mempertanyakan pada penyedia jasa terkait umur hewan.

  1. Hewan Tidak Bercacat

Kedua, anda harus mempersiapkan hewan sembelihan yang tidak bercacat. Hewan yang dipilih tidak buta, pincang, telinga ataupun ekornya tidak terpotong lebih dari sepertiga bagian. Singkatnya, berikanlah hewan aqiqah yang terbaik tanpa cacat dan cela. Atau berikanlah hewan sembelihan yang serupa, seperti hewan sembelihan saat idul qurban.

  1. Jenis Kelamin Tidak Masalah

Banyak pertanyaan yang muncul tentang hewan aqiqah yang dapat digunakan. Secara umum, tidak ada batasan untuk jenis kelamin hewan yang dapat digunakan. Selama hewan ini dapat keadaan sehat dan tidak bercacat, baik jantan maupun betina dapat dijadikan hewan aqiqah. Masih ragu? Mintalah, penjelasan pada penyedia jasa aqiqah surabaya untuk menjelaskannya.

Sudah selesai dengan semua persyaratan? Waktunya memahami proses melakukan aqiqah. Karena prosesnya adalah waktu terpenting dalam semua rangkaian acara.

Proses Lakukan Aqiqah

Seperti acara lainnya, acara aqiqah juga dilakukan dengan mengundang keluarga, tetangga maupun saudara. Hal ini akan dilengkapi, dengan beberapa proses lain yang dilakukan secara bersamaan, yaitu

  1. Penyembelihan Hewan

Pertama, dilakukan penyembelihan hewan. Penyembelihan dapat dilakukan di rumah atau meminta bantuan jasa aqiqah Surabaya. Semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan orang tua. Karena yang terpenting diperhatikan adalah hewan sembelihan yang digunakan telah memenuhi syarat dan dapat dibagikan pada orang-orang disekeliling.

  1. Mencukur Rambut

Tidak hanya penyembelihan hewan, orang tua juga harus melakukan kegiatan lain, yaitu mencukur rambut. Pencukuran rambut adalah inti dari acara aqiqah, di mana anak akan dicukur rambutnya dan hasil cukuran akan dikonversi sebagai emas maupun perak. Proses ini dilakukan oleh orang tua anak, serta tamu undangan. Namun yang utama adalah kakek dan nenek anak.

  1. Pemberian Nama

Terakhir, dilakukan proses pemberian nama untuk anak. Biasanya dipilihkan nama yang benar-benar dapat menjadi doa untuk kelangsungan hidup anak di dunia. Selain pemberian nama, nantinya akan disampaikan doa-doa agar anak dapat menjadi anak yang sholeh selama hidupnya. Serta dapat berguna bagi, bangsa, negara dan agama.

Apa Saja Hikmah Aqiqah?

Terakhir akan disampaikan beberapa hikmah aqiqah, sehingga aqiqah penting untuk dilakukan setelah bayi lahir. Penjelasannya, ada dibawah ini,

  1. Penyerahan Anak

Poin ini bermaksud menjelaskan anak untuk dapat hidup dijalan Allah. Sehingga semua yang dikerjakannya adalah pekerjaan-pekerjaan yang diridhoi oleh Allah. Serta tidak menyebabkan masalah dikemudian hari untuknya maupun orang tua.

  1. Pengorbanan

Aqiqah memiliki hikmah suatu pengorbanan, yang dapat mendekatkan anak pada Allah. Bahkan semenjak anak menghidup udara kehidupan sekalipun. Harapannya, anak dapat terus berpegang pada seluruh ajaran Allah, selama hidupnya.

Sudah siap menjalankan aqiqah untuk anak? Jika belum, pelajari lebih dalam seluruh penjelasan di atas. Serta, siapkanlah acara dengan memanfaatkan vendor aqiqah Surabaya, seperti salah satunya aqiqahsakinah.com sebagai pendukung kelancaran acara. Jadi, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan setelahnya.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *