4 Paribasa Sunda yang Super Jadul Tapi Bisa Bikin Kamu Sukses di Zaman Sekarang

 

Masyarakat Sunda dikenal dengan wataknya yang lembut, sehingga tak heran jika mereka mampu berbaur dengan masyarakat luas. Urang Sunda juga dikenal selalu memegang teguh kebudayaan dan adat istiadat, dimana hal tersebutlah yang bisa membuat orang Sunda sukses dimana pun mereka berada. Kebanyakan masyarakat Sunda masih mengimplementasikan paribasa Sunda di kehidupan mereka. Yuk simak beberapa paribasa tersebut disini.

Pepatah Sunda yang Bisa Dijadikan Motivasi Sukses di Zaman Sekarang

  1. Pepatah bahasa Sunda “Kudu Silih Asih, Silih Asah, Jeung Silih Asuh”

Paribasa dengan arti “Harus saling mengingat, mengasihi, dan membimbing” Ini merupakan salah satu prinsip hidup orang Sunda yang paling mendasar. Dan pepatah satu ini sangat disukai oleh orang orang Sunda. Biasanya pepatah ini akan diucapkan oleh orangtua kepada anak anak mereka agar mudah bergaul. Dimana hal tersebut dapat membimbing sang anak untuk mau bergaul dan lebih mudah sukses. Buktinya, nampak pada tipikal orang Sunda yang mudah diajak bekerjasama dalam tim.

  1. Paribasa “Kalakuan Keok Memeh Dipacok”

Pepatah satu ini memiliki arti “Jangan kalah sebelum berperang.” Dimana pepatah tersebut pastilah sudah sering didengarkan dalam bahasa Indonesia. Ketika kamu ingin sukses, apalagi sudah memutuskan merantau maka teruskan lah niat tersebut. Jangan sampai menyerah dan merasa minder, serta menganggap diri sendiri tidak bisa sukses nantinya. Paribasa Sunda ini mampu mendorong seseorang untuk mencoba dulu hingga titik terakhir.

  1. Pepatah “Sacangreud Pagheuh Sagalek Pangkek”

Sebenarnya kalimat satu ini sedikit sulit diterjemahkan secara langsung dalam bahasa Indonesia. Hal ini karena frasa “sacangreud pageuh” bisa diartikan sebagai “terikat sangat kuat”. Namun secara bebas, kalimat paribasa ini bisa diterjemahkan menjadi “Komitmen, menepati janji, dan konsisten.” Diketahui bahwa tiga hal tersebut sangat penting dalam dunia kerja ataupun bisnis. Jika ingin sukses, maka harus bisa berkomitmen dan konsisten dalam bekerja atau usaha.

  1. Pepatah “Bobot Pangayun Timbang Taraju”

Bagaimana caranya agar bisa berkomitmen para rencana yang sudah dibuat? Maka pepatah “Bobot Bangayun Timbang Taraju” ini bisa menjadi landasan kamu sebelum membuat rencana tertentu. Salah satu paribasa Sunda tersebut artinya “Apa yang dilakukan harus dipertimbangkan”. Setiap keputusan akan menghasilkan keuntungan dan risiko, jadi sebaiknya dipikirkan dengan matang. Seperti ketika akan berbisnis, maka harus hitung untung rugi, membuat strategi, dan sebagainya.

Itulah beberapa pepatah bahasa Sunda yang bisa saja sudah kolot, namun masih ampuh sebagai motivasi dan prinsip hidup untuk masyarakat modern. Dengan menerapkan prinsip hidup yang dianut oleh orang Sunda tersebut, bukannya tidak mungkin jika kamu mampu menjadi orang sukses. Perlu diingat, hal yang baik pastinya akan berbuah baik juga. Memiliki prinsip hidup yang baik, akan membimbing kamu ke jalan hidup yang baik pula.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *